Saturday, November 10, 2012

Tips Menjadi Entrepreneur untuk Mahasiswa

Enterpreneur, suatu kebanggaan tersendiri jika kita sukses menjadi young enterpreneur. Namun, untuk mencapai sekaligus mewujudkan itu semua, tidaklah mudah, karena hal itu butuh proses, mental yang kuat dan pengorbanan waktu untuk melakukan itu semua. Tetapi, tidak ada yang sulit bagi kita yang berjiwa dan mempunyai semangat tinggi untuk mewujudkan itu semua, berikut adalah sedikit tips dari saya untuk menjadi young enterpreneur:

1. Luangkan waktu, disela-sela kesibukan anda kuliah, organisasi dan tugas-tugas, luangkan sedikit waktu untuk melatih ketrampilan, atau belajar mendalami ilmu tertentu sesuai bidang yang didiinginkan.

2. Promosi, ya ! mulai sedikit promosi mulai dari teman ke teman, ke jejaring sosial dan dimanapun ada kesempatan untuk berpromosi, promosikan usaha anda, dengan begitu, orang sedikit paham dan paling tidak mengerti jika anda sedang menjalankan suatu usaha.

3. Pantang menyerah, sikap tersebut harus tertanam di jiwa pengusaha. karena pengusaha tidak bisa berdiri langsung sukses.

4. Manfaatkan masalah. dimana ada masalah disitu ada peluang usaha. misalkan di area kampus kurangnya fasilitas percetakan, maka dengan adanya masalah tersebut anda bisa mengambil strategi dengan membangun sebuah percetakan kecil, rekrut teman yang mempunyai ahli dibidang komputer.

5. Kompetensi, dalam suatu usaha, jika anda tidak kompeten dalam bidang usaha yang anda jalankan, kemungkinan usaha anda sedikit sulit untuk maju, tentunya jika anda ingin usaha maju, maka dirikanlah usaha di bidang yang anda kuasai atau minimal yang anda senangi.

6. Kreatif, sebuah tantangan di jaman sekarang banyaknya ide-ide baru untuk menciptakan hal yang baru, namun anda tidak usah ragu dan takut, keluarkan inovasi baru dengan mengubah barang yang sudah ada menjadi hal yang lebih unik lagi.

Sekian tips dari saya, semoga kita semua bisa sukses dengan usaha yang kita jalani, namun pada dasarnya tetap tergantung pada kita masing-masing, Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya tentunya dengan sebuah usaha. Semoga bermanfaat. Amin.

0 comments: