Saturday, November 10, 2012

Belajar Design Grafis

Sebuah kreatifitas dalam kehidupan di bumi sangatlah dibutuhkan, karena sebuah kreatifitas akan menghasilkan sebuah karya yang akan menunjang kehidupan kita, bisa berkarya untuk keluarga, sekedar hobi, atau komunitas.

Dengan hidup berkarya, kita tidak akan bosan menjalani kehidupan di bumi, baik yang bersifat komersial maupun sekedar hobi, dan berkarya tentunya butuh sebuah pemikiran atau gagasan yang unik, bisa berupa kreasi ataupun inovasi. Namun, di bidang IT terdapat suatu bidang yang cukup berpengaruh besar terhadap kemajuan sebuah zaman. Ya, yakni bidang design grafis.

Saya berani berkata demikian, karena memang dalam faktanya bidang design grafis dibutuhkan dalam segala macam dan jenis pekerjaan. Sebuah usaha perlu promosi, promosi butuh design yang baik agar menarik dan laku akan produknya. Semua barang yang dilihat adalah pertama dari tampilan, meski hanya berpengaruh beberapa persen saja. Namun, kesan pertama pada sebuah produk dilihat dari bungkus, atau tampilannya. Contoh tadi merupakan cuplikan kecil dibidang usaha suatu produk, belum lagi dibidang jasa, dan bidang-bidang lainnya. Masih banyak yang membutuhkan design, seperti Arsitek sebagai salah satu contoh yang sangat penting, karena design sebuah rumah mempengaruhi sebuah kekuatan akan usia rumah itu sendiri.

Menjadi designer tidaklah mudah, butuh pemikiran yang kreatif dan juga kompetensi atau keahlian dibidang komputer tentunya (untuk design grafis). Yang harus dikuasai mulai dari belajar software (meliputi dasar-dasar, trik dan sebagainya), dan yang terpenting bagaimana kita memanfaatkan atau menuangkan gagasan atau imajinasi kita dengan mengkombinasikan Kompetensi + Imaginasi. Dengan begitu, jika kita mampu mengkombinasikan 2 aspek tersebut,  maka kita akan mendapatkan hasil yang baik. Kenapa harus dikombinasikan? Pertama, kita mempunyai keahlian dibidang komputer, kita mampu mengoperasikan sampai bagaimanapun dan segala macam seluk beluk komputer kita tahu, namun kreatifitas kita nihil, maka percuma kita tidak akan menghasilkan apa-apa. Kedua, kita mempunyai imajinasi yang tinggi dan ingin menuangkannya atau mewujudkannya, tetapi ada kendala kita tidak mempunyai media, dalam artian tidak mempunyai keahlian. Maka percuma imajinasi tersebut hanya sekedar ada dalam pikiran.

Dalam bidang komputer, ada beberapa software yang populer dan hampir semua bidang grafis menggunakannya, beberapa diantaranya yaitu: Adobe Photoshop; CorelDraw; Adobe InDesign; Adobe Ilustrator. Mari kita kupas sedikit demi sedikit mengenai software diatas.


  • Adobe Photoshop, Software ini bekerja dengan bermain pixel, atau biasanya bermain warna RGB dengan media dasar hitam (Layar monitor), mengutamakan untuk editing gambar, foto, namun teks juga bisa.
  • CorelDraw, Hampir semua percetakan mengandalkan software ini, dimana software ini bekerja pada media dasar putih (kertas, banner dan lain-lain). lebih mengutamakan untuk media cetak. dan tidak bekerja dengan pixel.
Pada dunia bisnis, 2 software ini yang menjadi persaingan. tergantung kreatifitas designer untuk bagaimana menuangkan imajinasinya. dan tentunya hasil sangat dipengaruhi oleh kompetensi masing-masing.

Sekian dulu posting saya hari ini semoga bermanfaat.

0 comments: