Saturday, November 10, 2012

Cara Mempercepat Loading Blog

Pada kesempatan di waktu yang cukup luang bagi saya, saya ingin bei sedikit tips agar blog kita menjadi tujuan sekaligus tepat sasaran pada konsumen yang membutuhkan pencerahan dari artikel kita, sekaligus bisa dan mau kembali membaca update dari postingan kita setiap hari.

Banyak blog yang mengutamakan segi tampilan, namun konten yang disediakan tidak atau kurang bermutu. Arti kurang bermutu disini kurang tepat sasaran atau kurang jelas mengenai apa yang ditulis tidak sesuai dengan tema. sedangkan jika judul kita terindeks no. 1 di halaman google, tapi ketika di klik sekaligus dikunjungi oleh pengunjung ternyata tidak ada posting atau artikel tidak sesuai tema, isinya hanya iklan dan penawaran lain-lain.

Apa kaitannya tema dengan loading? tema berpengaruh pada loading blog, namun hanya berapa persen saja dari total kecepatan. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mengelola sebuah blog atau website:

  • Pilih Subdomain untuk blog yang cepat, dalam proses loading buka halaman blog dipengaruhi pertama oleh server.
  • Flash, konten flash seperti animasi dan gambar-gambar bergerak lainnya sangat berpengaruh. karena loading flash itu sendiri sudah cukup berat, jadi saran saya kurangi konten yang berbau flash.
  • Iklan, kurangi iklan, banyak blog yang berisi full iklan berharap dapat klik, namun pengunjung saja sudah kecewa masuk halaman tidak mendapat apa yang mereka cari, apalagi mau ngeklik, saya rasa tidak akan ada klik pada blog tersebut. apa hubungannya dengan kecepatan? kecepatan banyak pengunjung akan cepat berkurang dengan sudah hafalnya alamat blog anda akan di hafal bahwa blog anda tidak ada konten, hanya menang pada search engine.
  • Upload file Image, jangan mengupload file gambar pada postingan blog, karena akan memperberat saat proses penampilan posting. Anda bisa mengupload di beberapa tempat yang menyediakan upload image seperti flickr, picasa dan lain-lain. Lalu anda bisa ambil source code dari link address image yang sudah di upload.
  • Template, pilih template yang ringan. Template sangat mempengaruhi loading penampilan halaman. Karena jika template sudah berat, ditambah image dan lain-lain pasti akan menambah beban proses buka halaman, jika proses lambat, maka pengunjung enggan untuk menunggu, karena sekarang yang dibutuhkan adalah kecepatan.
Sekian tutorial dari saya, semoga artikel ini membantu dan sekaligus bermanfaat bagi anda. Amin, Terimakasih

0 comments: