Sunday, November 11, 2012

Cara Memulai Wirausaha

Membahas masalah dunia kerja, memang tidak ada habisnya, banyak masalah yang dihadapi setiap orang, mulai dari yang tidak sekolah sampai orang yang berpendidikan tinggi. Pendidikan tinggi tidak menjamin orang mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan dan diimpikan oleh setiap orang, tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan, mulai dari ketatnya persaingan nilai, keahlian, dan lain-lain. Bagi yang mempunyai skill tertentu tentulah pekerjaan bukan hal yang sulit, karena dengan skill mereka, mereka akan dicari pekerjaan dan bukan mereka yang mencari pekerjaan.

Harus bagaimanakah kita? Jawabannya tak usah bingung, tetap menjadi diri sendiri, namun tetap lakukan usaha. Banyak anak yang belum lulus sudah mendapat pekerjaan. Apa bedanya dengan mereka yang sudah lulus tapi tak mendapat pekerjaan dan yang belum lulus malah sudah mendapatkan pekerjaan? Nasib, ya memang nasib setiap orang berbeda-beda, namun didalam kehidupan, nasib bisa dirubah asal kita ada niat, kemauan, usaha dan do'a. Tuhan tidak akan membiarkan orang yang sudah bersungguh-sungguh berusaha namun tetap gagal, pasti suatu saat akan sukses, dan yakinlah kesuksesan akan kau raih.

Terus bagaimana untuk memulai? Seseorang yang dipikirannya menjadi kuli, yang hanya berusaha bekerja di perusahaan orang lain akan sulit mendapat kesuksesan, karena kita bekerja keras seperti apapun tetap perbulan pendapatan anda segitu, beda dengan pengusaha, setiap hari ada pemasukan tergantung produk atau jasa mereka seberapa laku setiap harinya, semakin banyak yang laku, maka semakin banyak pula pendapatan mereka.

Untuk menjadi pengusaha, mari kita putar otak atau putar pemikiran kita. Jika banyak orang bingung mencari pekerjaan, kita harus bisa membuat pekerjaan, salah satunya dengan berwirausaha. Putar pikiran bagaimana kita membuka peluang usaha sehingga kita bisa merekrut karyawan atau menjadi BOS. Sebenarnya tidaklah sulit jika kita mau, dan pada prinsipnya wirausaha membutuhkan beberapa hal yakni:

  • Niat, Mantapkan niat anda dan bersungguh-sungguh bergerak dibidang usaha anda.
  • Modal, mencari modal dengan meminjam atau bagaimana terserah anda, modal merupakan hal pokok yang harus anda miliki, karena wirausaha tidak butuh ijazah atau nilai raport, yang penting anda ada kemauan dan bermodal, dan banyak cara untuk mendapatkan modal.
  • Peluang, cari dan cari peluang yang ada, usaha apa yang belum pernah ada disekitar anda, anda bisa berkreasi ataupun juga bisa berinovasi.

Hanya beberapa poin diatas belum cukup, jika anda hanya memiliki niatan, modal dan ada peluang, siapkan diri anda dengan mental yang kuat. Beberapa orang menganggap wirausaha itu sulit dan sulit, karena mereka kurang memenuhi syarat untuk menjadi pengusaha yakni mental yang masih lemah. Dan berikut merupakan beberapa sikap yang diperlukan seorang pengusaha agar sukses usahanya:

  • Pantang menyerah, ketika seorang pengusaha dihadapkan pada masalah yang timbul saat usahanya berjalan, mulai dari kurangnya modal, bangkrut, komplain dari konsumen, jika mental masih lemah mereka akan menganggap itu adalah sebuah kegagalan dan tidak akan bisa teratasi. Namun, bagi orang yang benar-benar berjiwa wirausahawan, mereka akan tetap berjuang dan terus mencoba sampai akhirnya mereka berhasil.
  • Berani mengambil resiko. Bukan pengusaha jika mereka takut bangkrut, rugi dan lain sebagainya. mereka harus berani mengambil resiko atas semua keputusan yang telah diambil.
Dan sebenarnya, masih banyak aspek yang perlu ditanam dalam diri orang yang menjadi seorang pengusaha. tetapi jika kita sudah memiki jiwa Enterpreneurship, maka semua akan tertasi dengan mudah. dan tegakkan prinsip Kegagalan adalah Keberhasilan yang tertunda, dan perbanyaklah berdo'a semoga kita dan usaha kita menjadi sukses lebih cepat. Amin

1 comments:

Unknown said...

makasih informasinya