Sunday, November 11, 2012

Perbedaan Photoshop dan CorelDraw

Desain grafis bukanlah seni lukis yang seenak senimannya tanpa memikirkan apakah karyanya diterima oleh orang atau tidak. Karya desain grafis harus bisa diterima oleh orang lain yaitu konsumen. Pada umumnya, para designer menggunakan software-software design yang handal dan diantaranya yaitu Photoshop dan CorelDraw.

Kedua software tersebut hampir semua kalangan mulai dari beginner sampai yang master, tetap kedua software tersebut sebagai andalan. Namun, masih banyak yang bingung mengenai penggunaan kedua software tersebut. Arti bingung penggunaan disini bukan berarti belum bisa, tetapi masih banyak yang salah arti mengenai penempatan apakah saya harus pakai corel, ataukah photoshop. 

Perlu diketahui para reader, 2 software tersebut berbeda aliran. untuk Photoshop prinsip kerjanya lebih ke pixel dan hasil kerjanya berupa Bitmap dimana bitmap tersebut biasa digunakan pada media seperti TV, LCD, Monitor, dan media-media yang sejenisnya. Sedangkan corelDraw itu Vektor, dan pixel sangat tidak mempengaruhi kerja pada layer. Jika Photoshop kerjanya dipengaruhi pixel, dan corel tidak.

Perbedaan lainnya, Photoshop sesuai dengan namanya, biasanya software tersebut digunakan untuk kepentingan editing foto, gambar dan sejenisnya, dan jenis Warna yang dipakai yaitu RGB. Sedangkan CorelDraw biasa digunakan untuk kepentingan media Cetak, seperti brosur, banner, poster dan lain sebagainya.

Dalam dunia bisnis, pasti terdapat yang namanya persaingan, ada yang persaingan secara sehat, dan ada juga yang tidak, namun saya tidak akan membahas sehat atau sakitnya, tetapi saya ingin menjelaskan antara keduanya diciptakan oleh perusahaan yang berbeda. Photoshop diproduksi oleh adobe, dimana setiap softwarenya dikeluarkan sendiri-sendiri sesuai bidang, dan untuk corelDraw, membundling dalam sekali instal, terdapat beberapa software di dalamnya. Sebagai contoh, Adobe Photoshop (Dalam corel terdapat Corel Photopaint namun dalam bidang editing masih Phtoshop yang megang). CorelDraw (Dalam adobe terdapat Adobe Ilustrator dimana anatara corel dan Ilustrator ini sama-sama bekerja di bidang Vektor), dan masih banyak lainnya yang tidak perlu saya bahas, karena sesuai tema saya hanya membahas 2 Software design yang popular dan banyak digunakan oleh designer.

Cukup sekian penjelasan dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagio kita semua. Amin

0 comments: