Sunday, November 11, 2012

Ciri-ciri Design Brosur yang Berkualitas

Brosur merupakan sebuah media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, jasa atau instansi tertentu dengan tujuan untuk merekrut, mengajak ataupun menawarkan sesuatu kepada orang lain. Banyak dikalangan pebisnis tidak menghiraukan design dan bentuk brosur mereka, yang penting banyak orang yang tahu akan produk atau jasanya tanpa menghiraukan design dan bentuk brosur, dan sasarannya. Mengapa harus memperhatikan hal-hal tadi? Karena Design merupakan tampilan yang akan dilihat pertama oleh orang dan akan memberikan kesan pada yang melihatnya. Jika tampilan kurang menarik, pastilah orang sudah malas mau membaca. dan beberapa hal berikut yang mempengaruhi kualitas sebuah brosur:

  • Teks, pada sebuah brosur, teks merupakan sebuah penjelasan dari apa yang perlu dijelaskan, brosur yang terlalu banyak teks, akan sulit sampai tepat sasaran, karena banyak teks menjadikan orang malas untuk membaca dan hampir-hampir tidak ada sama sekali konten bergambar, hindari design brosur yang seperti ini.
  • Paragraf, jika semua isi berupa paragraf, tanpa ada tabel, subbagian dan lain-lain, kesannya seperti koran. usahakan brosur tidak monotone, singkat dan jelas.
  • Font Style, font memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk sebagian pembaca, dengan berbagai style font bisa menarik pembaca untuk melanjutkan membaca seluruh isi brosur, tetapi ketika style itu terlalu banyak, brosur terlihat kurang serius, seperti mainan atau sekedar selebaran di pinggir jalan. kadang juga terdapat font yang hampir sulit dan tidak bisa dibaca. jauhi design seperti ini. Maka, yang terbaik adalah menggunakan font yang sederhana, mungkin sans serif font yang bersih dan mudah dimengerti bisa jadi andalan.
  • Gambar, seperti yang dijelaskan pada poin satu, terlalu banyak teks menjadikan orang atau pembaca menjadi malas, karena tidak semua orang senang membaca, dan begitulah dengan Gambar, Jika isi brosur penuh dengan gambar tanpa ada teks, pembac bingung akan maksud brosur tersebut. Usahakan seimbang antara gambar dan teks.
  • Warna, pada pewarnaan, lihat tujuan dan sasaran brosur, jika sasaran brosur untuk anak-anak atau bidang yang dibahas dalam brosur itu tema anak-anak, maka baik menggunakan banyak macam warna. Namun, jangan sampai anda mendesign brosur dengan banyak warna ketika sasaran pada sebuah instansi atau orang-orang penting. karena kesannya seperti kurang resmi.
  • Persuasi, brosur pada dasarnya dibuat untuk tujuan menarik konsumen atau sejeninya, sangat sayang sekali kalau dalam sebuah brosur tidak terdapat kalimat ajakan, perintah untuk mengikuti dan lain sebagainya, karena tujuan utama brosur adalah untuk memberikan informasi sekaligus mengajak orang lain.
  • Kualitas Cetak, bagaimanakah menurut anda jika anda menerima brosur dengan kertas yang kotor(tidak halus/putih/bintik2)??? Tentu malas dan minat baca akan berkurang. Design bagus, teks dan gambar seimbang, kalimat juga menarik, namun warnanya luntur dan kertasnya kualitas rendah. yasudah urungkan saja niat anda untuk membuat brosur.

Sekian penjelasan dari saya mengenai design, dan tentu segala sesuatunya tergantung selera kita masing-masing. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Amin.

0 comments: